Rangkuman TIK
Saya keysya putri amanda dari kelas F1.2 akan merangkum semua materi yang sudah di pelajari pada semester lalu.
Pada Bab 1 mengenai tentang Strategi Algoritmik dan Pemrograman.
1. Pemrograman komputer = merupakan sekumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar dapat melakukan tindakan ataupun memecahkan sebuah permasalahan. Sementara komputer adalah sebuah mesin yang terdiri atas komponen dan membentuk sistem kerja guna menghasilkan informasi. Sebuah komputer terdiri atas perangkat keras & lunak, serta data.
Yang perlu di lakukan dalam proses pembuatan program terdapat 4 langkah, yaitu:
- Analisis permasalahan.
Tujuannya adalah mengetahui permasalahan apa saja yang mungkin terjadi dalam sistem, serta mengetahui program seperti apa yang pengguna inginkan. Selain itu, pengumpulan data dapat di kumpulkan dengan cara observasi, melakukan wawancara atau mengumpulkan sampel.
- Mendesain solusi.
Tujuannya adalah untuk menghasilkan keluaran berdasarkan masukan yang diterima. Selain itu, mengevaluasi algoritma yang dibuat untuk memenuhi batasan dari permsalahan.
- Mengimplementasikan solusi dalam bentuk program.
Tahap ini mencakup penulisan kode program yang dilakukan oleh developer.
- Menguji Program
Tahap dimana software yang sudah dibuat akan diuji coba dan dievaluasi.
2. Strategi Algoritmik dan Analisis Data
Menurut KBBI, Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Adapun pengertian Algoritma adalah urutan langkah langkah yang benar untuk memecahkan suatu masalah secara komputasi. Ada 2 tujuan strategi Algoritmik, antara lain:
- memberikan panduan untuk merancang algoritma bagi persoalan baru.
- mengklasifikasikan algoritma berdasarkan gagasan perancangan yang mendasarinya.
Tiga bentuk dasar Algoritma sebagai berikut:
- Algoritma sekuensial: merupakan algoritma yang langkah langkahnya dilakukan secara urut dari awal hingga akhir.
- Algoritma perulangan: merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang ulang atau looping
- Algoritma percabangan atau bersyarat: merupakan algoritma yang menjalankan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dipenuhi.
- Mendefinisikan permasalahan
- Merancang solusi
- Mengimplementasikan solusi dalam bentuk program
- menguji Program
- formulasi masalah
- mengekspresikan solusi
- mengeksekusi solusi dan mengevaluasi.
- identifikasi masalah utama
- buat serta susun daftar komponen komponen penyusun
- buat serta susun daftar bagian bagian kecilnya
- buat rencana dalam menyelesaikan masalah tersebut sesuai urutan
- selesaikan setiap bagian bagian kecil hingga ke detail
- Rekursi: merupakan salah satu konsep fundamental dari ilmu komputer. Diartikan sebagai fungsi yang memanggil fungsi tersebut atau dirinya sendiri.
- Algoritma greedy: Langkah dalam mencari solusi atas sebuah masalah. Kelebihan algoritma greedy: cepat dalam bertindak. Kekurangan greedy: memiliki hasil akhir yang tidak terlalu baik.
- Array: variabel dengan sifat khusus, yaitu mampu menyimpan nilai lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan.
- karakter dan string: Pengertian string dalam pemrograman komputer adalah rangkaian karakter. Adapun karakter adalah suatu data berupa huruf, angka, simbol, dan karakter lain yang mengikuti suatu standar tertentu.
- Program Menghitung Faktorial : Faktorial adalah produk dari semua bilangan bulat positif kurang dari atau sama dengan bilangan bulat positif yabg dilambangkan tanda seru. Rumus faktorial: n! = n × (n - 1)!
- Program Menghitung Jarak Tempuh: Jarak adalah angka yang menunjukan seberapa jauh suatu benda berpindah atau berubah posisi dalam lintasan tertentu. Rumus menghitung jarak: s = v × t
- Program Knapsack: permasalahan Knapsack adalah salah satu permasalahan optimasi.
- Program Penukaran Uang Koin: Digunakan untuk menukarkan sejumlah uang menjadi dalam bentuk koin dengan jumlah koin seminimal mungkin. Program ini menerapkan algoritma greedy.
- Pertumbuhan Ekonomi akan semakin tinggi
- Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
- Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak.
- Harga barang lebih murah, karena biaya operasional nya murah
- Munculnya media massa daring, seperti media elektronik untuk akses sumber ilmu pendidikan.
- Memudahkan siswa dan guru mengenai metode pembelajaran saat mengajar. Kemudahan mendapatkan informasi informasi yang terbaru dan akurat.
- Adanya media visual yang interaktif pada saat pembelajaran
- Traffic light menggunakan sistem komputer untuk membantu mengatur lalu lintas di jalan raya.
- Pengaturan lalu lintas kereta menggunakan sistem komputer untuk menentukan jalur yang harus dilalui.
- Pada pesawat terbang terdapat fitur pilot otomatis yang dikendalikan dengan komputer.
- Sistem navigasi kapal sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.
- Indentity theft
- Carding
- Corporate data theft
- Cyber espionage
- Pembajakan software
- Penggandaan
- Pemakaian tanpa seizin pembuat karya.
- Mengambil keputusan yang tepat
- Melihat masalah dari berbagai perspektif
- Mudah memecahkan masalah
- Meningkatkan kreativitas
- Identifikasi Masalah
- Mengajukan banyak pertanyaan
- Memperbanyak Referensi drngan Membaca
- Mempertimbangkan Berbagai kemungkinan yang mungkin akan terjadi.
- Fokus terhadap Tujuan dan Memperbanyak Referensi.
- Identifikasi masalah.
- Identifikasi Kriteria.
- Tetapkan bobot Kriteria.
- Identifikasi Alternatif.
- Evaluasi alternatif.
- Pilih Alternatif terbaik.
- Implementasi keputusan.
- Evaluasi Keputusan.
- Mengumpulkan dan menilai informasi yang relevan, serta menafsirkannya secara efektif.
- Mengambil kesimpulan dan menemukan solusi yang masuk akal, serta menguji kesimpulan dan solusinya berdasar kriteria dan standar yang relevan.
- Terbuka terhadap pemikiran alternatif, mampu mengenali dan menilai asumsi, implikasi, dan konsekuensinya.
- Berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam menemukan solusi atas masalah yang kompleks.
- Penyakit pasien dapat dideteksi lebih detail
- Berbagai macam jenis obat obatan dapat diketahui melalui internet
- Penyakit dapat diagnostik, terapi, perawatan.
- Kesehatan perorangan, puskesmas, laboratorium, apotek maupun praktik swasta, mampu melakukan transfer data pasien secara elektronik.
Alah sia boyyy, nih ga capek apa ini ngetik👀
BalasHapus