Rangkuman TIK

  Saya keysya putri amanda dari kelas F1.2 akan merangkum semua materi yang sudah di pelajari pada semester lalu.

Pada Bab 1 mengenai tentang Strategi Algoritmik dan Pemrograman. 

1. Pemrograman komputer = merupakan sekumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar dapat melakukan tindakan ataupun memecahkan sebuah permasalahan. Sementara komputer adalah sebuah mesin yang terdiri atas komponen dan membentuk sistem kerja guna menghasilkan informasi. Sebuah komputer terdiri atas perangkat keras & lunak, serta data.

  Yang perlu di lakukan dalam proses pembuatan program terdapat 4 langkah, yaitu:

  •  Analisis permasalahan.

Tujuannya adalah mengetahui permasalahan apa saja yang mungkin terjadi dalam sistem, serta mengetahui program seperti apa yang pengguna inginkan. Selain itu, pengumpulan data dapat di kumpulkan dengan cara observasi, melakukan wawancara atau mengumpulkan sampel.

  • Mendesain solusi.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan keluaran berdasarkan masukan yang diterima. Selain itu,  mengevaluasi algoritma yang dibuat untuk memenuhi batasan dari permsalahan.

  • Mengimplementasikan solusi dalam bentuk program.

Tahap ini mencakup penulisan kode program yang dilakukan oleh developer.

  • Menguji Program

Tahap dimana software yang sudah dibuat akan diuji coba dan dievaluasi.

2. Strategi Algoritmik dan Analisis Data

Menurut KBBI, Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Adapun pengertian Algoritma adalah urutan langkah langkah yang benar untuk memecahkan suatu masalah secara komputasi. Ada 2 tujuan strategi Algoritmik, antara lain:

  • memberikan panduan untuk merancang algoritma bagi persoalan baru.
  • mengklasifikasikan algoritma berdasarkan gagasan perancangan yang mendasarinya.

Tiga bentuk dasar Algoritma sebagai berikut:

  • Algoritma sekuensial: merupakan algoritma yang langkah langkahnya dilakukan secara urut dari awal hingga akhir.
  • Algoritma perulangan: merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang ulang atau looping
  • Algoritma percabangan atau bersyarat: merupakan algoritma yang menjalankan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dipenuhi.
3. Contoh kasus siklus pemrograman
Program yang dapat menentukan apakah sebuah bilangan termasuk bilangan ganjil atau bilangan genap jika diberikan data berupa suatu bilangan.
  • Mendefinisikan permasalahan
  • Merancang solusi 
  • Mengimplementasikan solusi dalam bentuk program 
  • menguji Program
#Berpikir komputasional
Pemikiran komputasional adalah suatu proses pemikiran yang melibatkan suatu masalah dan mengekspresikan solusinya seperti cara berpikir layaknya komputer, yang bisa menyelesaikan secara efektif. Terbagi menjadi tiga tahapan:
  • formulasi masalah
  • mengekspresikan solusi
  • mengeksekusi solusi dan mengevaluasi.
1. Dekomposisi
merupakan tahap pertama dari computational thinking. Dalam KBBI memiliki arti proses perubahan menjadi bentuk yang lebih sederhana atau penguraian. Adapun langkah langkah dalam dekomposisi yaitu:
  • identifikasi masalah utama
  • buat serta susun daftar komponen komponen penyusun
  • buat serta susun daftar bagian bagian kecilnya
  • buat rencana dalam menyelesaikan masalah tersebut sesuai urutan
  • selesaikan setiap bagian bagian kecil hingga ke detail
2. Pengenalan pola
Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola,tren, dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat hal prediksi atau struktur data/file.

3. Abstraksi
Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip prinsip umum yang menghasilkan pola,tren dan keteraturan tersebut.

4. Algoritma.
Sebagai prosedur berupa langkah demi langkah. Sering digunakan untuk perhitungan, penalaran secara otomatis, dan pemrosesan data.
Konsep dan strategi berpikir komputasional yang biasa digunakan dalam menyelesaikan persoalan komputasi:
  • Rekursi: merupakan salah satu konsep fundamental dari ilmu komputer. Diartikan sebagai fungsi yang memanggil fungsi tersebut atau dirinya sendiri. 
  • Algoritma greedy: Langkah dalam mencari solusi atas sebuah masalah. Kelebihan algoritma greedy: cepat dalam bertindak. Kekurangan greedy: memiliki hasil akhir yang tidak terlalu baik.
3. Pemrograman Dinamis
Teknik dalam pemrograman komputer yang membantu memecahkan masalah dalam sebuah class secara efisien yang memiliki submasalah tumpang tindih dan properti substruktur yang optimal.

#Algoritma dan pemrograman.
Pemrograman komputer dan algoritma pemrograman adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena pembuatan program komputer akan lebih sulit dan lama tanpa mengetahui dengan pasti bagaimana algoritma penyelesaian masalahnya. Definisi program komputer adalah sederetan perintah perintah yang harus dikerjakan oleh komputer untuk menyelesaikan masalah. Definisi algoritma adalah press computer and internet dictionary adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. 

  • Array: variabel dengan sifat khusus, yaitu mampu menyimpan nilai lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan.
  • karakter dan string: Pengertian string dalam pemrograman komputer adalah rangkaian karakter. Adapun karakter adalah suatu data berupa huruf, angka, simbol, dan karakter lain yang mengikuti suatu standar tertentu.
#Latihan Strategi Algoritmik dan Praktik Pemrograman Lintas Bidang

Bagian ini mempelajari tentang pembuatan program berdasarkan permasalahan lintas bidang yang tersedia. Pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman C++
  • Program Menghitung Faktorial : Faktorial adalah produk dari semua bilangan bulat positif kurang dari atau sama dengan bilangan bulat positif yabg dilambangkan tanda seru. Rumus faktorial: n! = n × (n - 1)!
  • Program Menghitung Jarak Tempuh: Jarak adalah angka yang menunjukan seberapa jauh suatu benda berpindah atau berubah posisi dalam lintasan tertentu. Rumus menghitung jarak: s = v × t
  • Program Knapsack: permasalahan  Knapsack adalah salah satu permasalahan optimasi. 
  • Program Penukaran Uang Koin: Digunakan untuk menukarkan sejumlah uang menjadi dalam bentuk koin dengan jumlah koin seminimal mungkin. Program ini menerapkan algoritma greedy.


BAB 2: BERPIKIR KRITIS DAN DAMPAK INFORMATIKA

A. Pengantar Berpikir Kritis.
  
1. Berikut berbagai dampak positif kemajuan dampak teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan.

a. Bidang Ekonomi dan Bisnis
  • Pertumbuhan Ekonomi akan semakin tinggi
  • Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
  • Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak.
  • Harga barang lebih murah, karena biaya operasional nya murah
b. Bidang Pendidikan
  • Munculnya media massa daring, seperti media elektronik untuk akses sumber ilmu pendidikan.
  • Memudahkan siswa dan guru mengenai metode pembelajaran saat mengajar. Kemudahan mendapatkan informasi informasi yang terbaru dan akurat.
  • Adanya media visual yang interaktif pada saat pembelajaran
c. Bidang Transportasi
  • Traffic light menggunakan sistem komputer untuk membantu mengatur lalu lintas di jalan raya.
  • Pengaturan lalu lintas kereta menggunakan sistem komputer untuk menentukan jalur yang harus dilalui.
  • Pada pesawat terbang terdapat fitur pilot otomatis yang dikendalikan dengan komputer.
  • Sistem navigasi kapal sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.
d. Kesehatan 
Pada manajemen rekam medis menggunakan kartu pintar.

e. Jasa pengiriman
Dapat melacak posisi paket secara Realtime.

f. Bidang Perbankan
Salah satu kemajuan TIK dalam bidang perbankan adalah fitur internet banking.

Dampak Negatif dalam Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi:
a. Kejahatan Siber
  • Indentity theft
  • Carding
  • Corporate data theft
  • Cyber espionage
b. Pelanggaran Hak Cipta
  • Pembajakan software
  • Penggandaan
  • Pemakaian tanpa seizin pembuat karya.
c. Munculnya Informasi Digital yang tidak sesuai fakta.

d. Penyebaran Malware
 Malware adalah program komputer yang sifatnya mencari kelemahan software.

e. Pornografi, Perjudian, dan Penipuan.


2. Arti berpikir kritis
 Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi dan jaringan internet sebagainya. Manfaat dari berpikir kritis:
  •  Mengambil keputusan yang tepat
  • Melihat masalah dari berbagai perspektif
  • Mudah memecahkan masalah
  • Meningkatkan kreativitas
Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan beberapa cara sebagai berikut: 
  • Identifikasi Masalah
  • Mengajukan banyak pertanyaan
  • Memperbanyak Referensi drngan Membaca
  • Mempertimbangkan Berbagai kemungkinan yang mungkin akan terjadi.
  • Fokus terhadap Tujuan dan Memperbanyak Referensi.
3. Berpikir kritis dan Pengambilan Keputusan
Langkah umum Pengambilan Keputusan sebagai berikut:
  • Identifikasi masalah.
  • Identifikasi Kriteria.
  • Tetapkan bobot Kriteria.
  • Identifikasi Alternatif.
  • Evaluasi alternatif.
  • Pilih Alternatif terbaik.
  • Implementasi keputusan.
  • Evaluasi Keputusan.
4. Elemen Berpikir, Standar Intelektual, dan Karakter Intelektual.
  Menurut  Paul dan Elder, orang yang berpikir kritis akan mampu: 
  • Mengumpulkan dan menilai informasi yang relevan, serta menafsirkannya secara efektif.
  • Mengambil kesimpulan dan menemukan solusi yang masuk akal, serta menguji kesimpulan dan solusinya berdasar kriteria dan standar yang relevan.
  • Terbuka terhadap pemikiran alternatif, mampu mengenali dan menilai asumsi, implikasi, dan konsekuensinya.
  • Berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam menemukan solusi atas masalah yang kompleks.
B. Kajian Kritis Penerapan Informatika dalam Bidang Pertanian.
 Bertujuan untuk membantu para pelaku sektor pertanian dalam mengambil keputusan dan memanfaatkan sumber daya. Subsistem pertanian terbagi menjadi 3, yaitu hilir, hulu, dan Onfarm.

 1. Hilir.
Pada Subsistem hilir dilakukan proses pemasaran, pendistribusian, promosi dan informasi pasar.
2. Hulu
Dilakukan proses pembibitan yang merupakan dasar suatu keberhasilan pertanian.
3. Onfarm
Dilakukan proses pembudidayaan tanaman dimulai dari proses tanam, perawatan, pemeliharaan, pemberantasan hama dan penyakit tumbuhan hingga proses panen.

C. Kajian Kritis Penerapan Informatika dalam Bidang Kesehatan
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang kesehatan banyak dikenal dengan istilah eHealth. eHealth dibangun untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dalam hal pencegahan, diagnosis, pengobatan, pemantauan, dan manajemen.
Keuntungan penggunaan TIK di bidang kesehatan.
  • Penyakit pasien dapat dideteksi lebih detail
  • Berbagai macam jenis obat obatan dapat diketahui melalui internet
  • Penyakit dapat diagnostik, terapi, perawatan.
  • Kesehatan perorangan, puskesmas, laboratorium, apotek maupun praktik swasta, mampu melakukan transfer data pasien secara elektronik.

SEKIAN RANGKUMAN MATERI DARI SAYA, TERIMAKASHHHH.
ALHAMDULILLAH AKHIRNYA SELESAI ((((GEMPOR DIKIT JEMPOLNYA))))

TERIMAKASIH SUDAH MMBACA DALAM HATI WLAUPUN AK TW HATI MUH BUKAN UNTUK Q,,,,,,, T_T












Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal berpikir komputasional

PERBEDAAN SINGLE BOARD COMPUTER DAN CONTROLLER